Malam Kosong

Mulai aku temukan cahaya yang sepertinya mampu membimbingku mengarungi lautan awan di langit dan gelombang air di samudera
Hawa sejuk yang akhir-akhir ini mengisi hari-hariku bersamanya juga ikut mendukungku
Kesedihan yang selalu berakhir dengan kebahagiaan karena telah mengetahui hikmah di balik setiap kesulitan
Ilmu yang diperoleh dari hasil proses mendengar dan mencamkan sesuatu dengan baik
Semua itu menjadi bekal bagiku, untuk terus maju

Bersamanya, semua menjadi terasa ringan
Di dekatnya, dimanapun akan terasa seperti di dekat rumah
Dengan begitu, kesulitan-kesulitan yang muncul dari petualanganku yang baru dimulai ini juga ku ramalkan bisa ku atasi dengan penuh lengkungan ke arah atas pada bibirku
Yang merupakan representasi rasa yang mengisi satu volume penuh rongga di hati ini

Rutinitas berputar terus, hari demi hari
Meninggalkan jejak-jejak kebosanan yang menumpuk di batin
Penat tak pernah absen untuk dilewati, seperti melewati pepohonan saat pulang
Terkadang merasa seperti robot karena melakukan aktivitas yang sama di sejumlah hari yang sama, tidak boleh menunjukkan emosi secara berlebihan, dan harus menuruti kata-kata atasan
Reputasi dan kredibilitas dipertahankan mati-matian sedangkan hubungan antar sesama yang lebih penting terkadang malah terbengkalai

Mengingat hal itu, kemudian menyadarinya, membuatku merasa sangat bodoh
Karena aku sendiri adalah pelaku dari lingkaran rutinitas membosankan tersebut
Untuk menghilangkannya, aku butuh melodi-melodi baru untuk menemani malam kosongku
Malam kosong yang selalu ada sebelum aku mengistirahatkan raga

Di malam kosong ini, aku sering mengenang masa lalu
Di malam kosong ini, aku sering mengkhayalkan masa depanku
Di malam kosong ini, aku sering mengoreksi kelakuanku
Di malam kosong ini, aku sering memikirkan apa yang akan terjadi besok

Mengenang segala kesenangan dan kesalahan di masa lalu, malah membuatku merasa tak ingin menjadi tua
Mengkhayalkan masa depanku, pasti membuatku tersenyum sendiri, mengerutkan kening, menggaruk kepalaku, memainkan rambut tipisku, karena ingin mendapatkan segalanya, ingin cepat bersamanya
Mengoreksi kelakuanku, selalu membantuku mengendalikan diri dan mengingatkan kesalahan-kesalahan yang tak seharusnya diulang keesokan hari
Memikirkan apa yang terjadi besok merupakan hal yang sebenarnya tak ku inginkan untuk ku lakukan, karena hanya akan membuat bingung hingga frustasi

Di malam kosong ini, aku suka iseng memerhatikan sesuatu yang muncul dari layar terang komputer kesayangan
Aku sering melihat gambar, perkataan, atau video yang sangat dibanggakan oleh para pembuatnya, yang padahal malah menjelekkan nama baik mereka
Seperti gambar dari seorang wanita berhijab, dimana ia tak mengenakan hijabnya saat itu
Di gambar itu, ia terlihat sangat bahagia dengan kepala telanjangnya yang menempel dengan kepala seorang pria, sangat bahagia sekaligus sangat intim
Orang ini, tak pernah ku mengerti jalan pikiran dari benda di dalam tempurung kepalanya

Atau seperti mereka yang setengah mati menjaga teman-temannya agar tak meninggalkannya
Tapi malah melakukan hal keji yang tak bisa ku maafkan
Menghina dan mencerca ibunya di depan umum
Perbuatan pembunuhan nama baik yang baik untuk diri mereka sendiri

Berpindah di berita, melongok sedikit mengenai apa saja yang terjadi saat ini
Ya, benar
Istri yang selingkuh dengan suami orang lain
Ibu yang membuang atau menjual anaknya sendiri
Ayah yang memerkosa gadisnya sendiri
Anak yang menghamili ibunya sendiri
Dunia ini gila, tak ada yang bisa menyelamatkan dunia jika seperti ini terus, Superman sekalipun tiada kan sanggup

Terkadang aku juga lelah akan kehidupanku, namun aku terus bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk memerbaiki kehidupan akhiratku
Dan aku terus berharap masih mampu menjalani peranku di sandiwara raksasa ini
Aku percaya bahwa semua yang ada di dunia ini masih bisa membaik dan terus menjadi lebih baik untuk anak cucu kelak, dan perbaikan itu dimulai dari diri sendiri
Aku sangat percaya bahwa semuanya dimulai dari diri sendiri, apapun itu

Di malam yang kosong ini
Aku berharap yang terbaik untuk keluargaku
Untuknya dan untukku
Untuk teman-teman dan sahabatku
Dan untuk dunia

Leave a Reply

