Apakah Masih Ada?

Apakah dunia sudah berputar sangat cepat di luar sana?

Atau hanya aku yang tak bergerak di lubang ini?

Rasanya baru kemarin saja aku hampir mati

Mengapa masih saja aku hidup di dunia?

Apakah kasih sayang masih beredar di luar sana?

Atau hanya aku sendiri yang bisa merasakannya?

Aku yakin di luar sana pasti ada yang bisa jua

Meski tak terdengar, walau tak terlihat

Apakah masih ada pasir putih yang berkilauan di luar sana?

Atau riak laut yang riuh rendah di bawah hiruk pikuk camar

Apakah masih ada kedamaian di luar sana?

Atau tidak terlihat karena kedamaian hanya berada di atas awan?

Jika di luar sana dunia berhenti berputar, apakah masih ada cinta?

Aku sudah lama berada di kegelapan ini

Jika aku menyerah, apakah akan ada yang peduli akan kematianku?

Apakah bebatuan hijau di luar sana akan mengerubungi makamku?

Benar, ketika itu bisa saja kepalaku pecah

Tapi nyawa masih merekat di raga ini, entah mengapa

Apakah kesempatan masih menyukaiku? Atau justru siksaan yang menyayangiku?

Aku rindu langit senja, apakah masih ada langit senja nan indah di luar sana?

Kata orang dulu aku adalah orang yang lemah

Apakah sekarang berbeda?

Apakah dengan berada di balik jeruji ini aku menjadi semakin kuat?

Aku sering mendengarkan bisikan dari besi-besi berkarat

Mereka hanya mengatakan “dingin”

Berada di dalam tempat ini benar-benar membuatku bisa merasakan cahaya

Walau kadang cahaya juga bisa membakar mata

Apakah di luar sana masih ada cahaya yang kehangatannya mampu mencairkan hati?

Ataukah sudah berubah, menjadi yang melelehkan hati?

Apakah bulan di luar sana telah mudah digapai?

Apakah menatap bintang adalah hal yang masih menyenangkan?

Andai saja ada teman yang menemaniku di lubang ini

Mungkin akan menyenangkan berbagi air mata di cangkir yang sama

Leave a Reply

